Get social with us!

Sejarah

Sejarah


 
SMA Negeri 10 Bandar Lampung merupakan SMA Negeri di provinsi Lampung yang secara geografis terletak di bagian timur kota Tanjung Karang, tepatnya di Kecamatan Kedamaian Kota Bandar Lampung yang beralamtkan di jalan Gatot Subroto No. 81 Kode Pos 35128. Di wilayah ini banyak terdapat sarana pelayanan publik dan tempat tinggal.
GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN
 
A.     Sejarah Berdirinya SMA Negeri 10 Bandar Lampung
 
SMA    Negeri    10    Bandar    Lampung    memiliki    nomor    statistik    sekolah301126005036, beralamat di Jalan Gatot Subroto No.81 Kelurahan Tanjung Gading, Kecamatan Tanjung Karang Timur,   Kota Bandar Lampung, Propinsi Lampung Kode Pos 35128, telepon (0721) 262516/241613, email sman10bdl@gmail.com. Luas Lahan yang dimiliki 5909 m2.
SMA Negeri 10 Bandar Lampung terletak pada tempat yang strategis dengan luas hanya 790 meter persegi dan ditambah eks SD Negeri 2 Tanjung Gading. Sebelah utara dibatasi dengan Masjid Tawakal, sebelah selatan dibatasi TK Pembina dan Warung  Wisata  Lampung,  sebelah  timur  dibatasi  dengan  rel  kereta  api  dan sebelah barat jalan gatot subroto.
SMA Negeri 10 Bandar Lampung merupakan Lembaga Pendidikan yang didirikan dari alih fungsi Sekolah Pendidikan Guru Negeri 2 Tanjungkarang berdasarkan Surat  Keputusan  MenterPendidikan  daKebudayaan  Republik  Indonesia Nomor:  0363/0/1991  Tanggal  21  Juli  1991  dengan  Nomor  Statistik  Sekolah30112600222090 tanggal 1 Maret 1992. Pimpinan Sekolah :
Sejak  Tahun  pelajaran  1989/1990  s.d  1990/1991  berstatus  SMA  Negeri  1Tanjungkarang Kelas Jauh di Tanjung Gading sebagai persiapan berdirinya SMA Negeri 10 Bandar Lampung dengan pelaksana harian Bapak Drs. Amami Amilla.
Dari tahun pelajaran 1991/1992 s.d 1997/1998 dengan Surat Keputusan Mendikbud RI nomor 0368/0/1991 tanggal 20 Juni 1991 SMA Negeri 10 Bandar Lampung secara resmi berdiri dengan Kepala Sekolah Ibu Dra. Hj. Sri Sukesi LE.
Dari Tahun Pelajaran 1998/1999 s.d 2004/2005 berdasarkan surat keputusan Mendikbud RI Nomor 7593/I12.C1/KP/1998 tanggal 1 April 1998 ditugaskan sebagai Kepala Sekolah adalah Dra. Hj. Fatma Asri menggantikan Ibu Dra. Hj. Sri Sukesi LE yang bertugas sebagai Widyaiswara di LPMP Lampung.
Dari Tahun Pelajaran 2004/2005 s.d 2008/2009 yang bertugas menjadi Kepala Sekolah adalah Bapak Drs. Zulfuad Zahary dengan Surat Keputusan Walikota Bandar Lampung nomor 824/10/25/2004 tanggal 3 Desember 2004 menggantikan Ibu Dra. Hj. Fatma Asri yang ditugaskan sebagai Pengawas SMP/SMA di Dinas Pendidikan Kota Bandar LampungDari Tahun Pelajaran 2008/2009 s.d sekarang yang betugas sebagai Kepala Sekolah  Adalah  Bapak  Drs.  Izmir  Hasan  dengan  Surat  Keputusan  Walikota Bandar Lampung nomor 821.29.4/01/25/2008 tanggal 1 Agustus 2008 menggantikan Bapak Drs. Zulfuad ZaharyDari Tahun Pelajaran 2014/2015 s.d sekarang yang betugas sebagai Kepala Sekolah Adalah ibu Dra. Zusmizawati dengan Surat Keputusan Walikota BandaLampung nomor 821.29.4/01/25/2008 tanggal 2 Juni 2014 menggantikan BapakDrs. Izmir Hasan.
Situasi dan Kondisi Sekolah Secara Umum
 
SMA  Negeri  10  Bandar  Lampung  terletak  di  Jalan  Gatot  Subroto  No  81, Kelurahan Tanjung Gading, Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung sarana transportasi yang melintas di lokasi ini sudah cukup baik dengan jalan beraspal, dan   dilalui oleh kendaraan umum. Kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan dengan baik dan tenang dikarenakan gedung sekolah yang jauh dari jalur lalu lintas yang padat dan bising serta ditunjang oleh gedung yang permanen dengan susunan dan tata ruang yang tepat. Ruang teori atau tempat belajar (kelas) yang tersedia di SMA Negeri 10 Bandar Lampung sebanyak 28 ruang kelas.
 
Situasi Pengelolaan Kelas
 
Untuk menjaga agar seorang guru dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik. Diperlukan keadaan kelas yang ideal untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Pengelolaan kelas ini pada dasarnya ditunjukkan untuk mengatasi dan mencegah adanya kendala-kendala yang menggangu proses belajar mengajar di dalam kelas akan berlangsung dengan baik dan lancar.
Dewan  Guru  bersama-sama  petugas  Bimbingan  dan  Penyuluhan.  Pengelolaan kelas antara lain dilakukan dengan selalu memberikan motivasi dan disiplin serta sikap positif terhadap pribadi siswa di sekolah untuk mendukung fungsi pengelolaan kelas dan untuk itu setiap kelas ditunjuk seoran wali kelas.
 
Fasilitas Fisik
 
Secara fisik, SMA Negeri 10 Bandar Lampung mempunyai fasilitas yang sudah memadai , misalnya gedung kelas, mushola, koperasi sekolah, perpustakaan, dan laboraturium, adapun fasilitas yang mendukung dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 10 Bandar Lampung yaitu:
 
1 ruang Kepala Sekolah b.   1 ruang Wakasek
1 ruang TU
1 ruang guru
30 ruang kelas
5 ruang laboraturium
1 ruang perpustakaan
1 ruang BP
1 ruang UKS
1 ruang mushola
1 ruang OSIS
1 ruang wc guru
10 ruang wc iswa
4 kantin
1 gudang
1 lapangan upacara rangkap lapangan olahraga
1 lapangan parker
Dll
Laboratorium Sekolah
 
Laboratorium  dikelola  oleh  pengelola  laboraturium  yang  bertugas  membantu kepala sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
a.Perencanaan dan pengadaan alat dan bahan laboraturium
b. Menyusun jadwal dan tata tertib penggunaan laboraturium c.   Mengatur penyimpanan dan daftar alat-alat laboraurium
c. Memelihara dan perbaikan alat-alat laboraturium
c. Inventarisasi dan pengadministrasian peminjaman alat-alat laboraturium
f. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan laboraturium
Jenis Laboratorium di SMAN 10 Bandar Lampung
  

 

No

 

Jenis Laboratorium

 

Kondisi

 

Keterangan

 

1

 

Bahasa

 

Baik

 

-

 

2

 

Biologi

 

Baik

 

-

 

3

 

Kimia

 

Baik

 

-

 

4

 

Fisika

 

Baik

 

-

 

5

 

Komputer

 

Baik

-

 
Berdasarkan tabel 2, jenis laboraturium di SMA Negeri  10  Bandar  Lampung dalam kondisi yang baik sehingga ruangan laboraturium dapat digunakan untuk para siswa praktek. Disetiap ruangan laboraturium terdapat pengadministrasian
untuk peminjaman alat-alat  laboraturium. Oleh sebab itu, ruangan laboraturium sudah memiliki jadwal masing-masing untuk memakai ruangan laboraturium yang akan dipakai.
 
Keadaan Perpustakaan Sekolah
 
Perpustakaan SMA Negeri 10 Bandar Lampung, telah dimanfaatkan dengan baik oleh siswa/siswi mulai dari X, XI, XII. Mereka memanfaatkan perpustakaan sekolah ini terutam pada waktu isirahat dan pelajaran kosong. Kegiatan yang mereka lakukan di perpustakaan ini sangat bervariasi, yaitu terdiri dari hanya sekedar membaca, mengerjakan tugas, mengerjakan LKS, memanfaatkan tempat untuk rapat kegiatan OSIS dan lain sebagainya.
Manajemen pengelolaannya pun sudah terbilang cukup baik, dimana para siswa/I yang akan meminjam buku diperpustakaan ini diwajibkan mempunyai kartu perpustakaan. Demikian ula dengan para guru telah memanfaatkan perpustakan ini tersusun rapi dalam rak buku dan lemari kaca sehingga terhindar dari debu. Buku yang tersedi di perpustakaan SMA N 10 Bandar Lampung berasal dari :
a.    Sumbangan para siswa/i yang sudah lulus sekolah (alumni). b.    Departemen Pendidikan Nasional.
c.    Pihak sekolah membeli sendiri.
Kegiatan Ekstrakurikuler
 
Kegiatan Ko-Kurikuler yang ada di SMA Negeri 10 Bandar Lampung terbagi menjadi tugas individu dan tugas kelompok yang memilki yaitu pekerjaan rumah, membuat resume, membuat kliping, dan membuat paper.
Kegiatan  Ekstrakurikuler  yang  ada  di  SMA  Negeri  10  Bandar  Lampung antara lain:
 1. Pramuka
 SMA Negeri 10 Bandar Lampung memilki kegiatan Pramuka Kegiatan kepramukaan ini dikondisikan oleh guru dewan ambalan yang melaksanakan Program Kerja Gugus Depan (Gudep).
 2.   Olahraga
 Kegiatan olahraga di SMA Negeri 10 Bandar Lampung meliputi beberapa cabang olahraga yaitu futsal dan basket.
 3.   Palang Merah Remaja (PMR)
 PMR SMA Negeri 10 Bandar Lampung mendapat sambutan yang positif dari siswanya, terbukti dengan banyaknya jumlah anggota PMR yang terus bertambah dan seiring dengan sejumlah prestasi yang diraih.
 4.   Rohis
Kegiatan ini merupakan kegiatan khusus bagi siswa yang beragama Islam, kegiatan ini rutin dilakukan setiap hari setelah selesai jam sekolah. Selain itu diadakan juga peringatan hari-hari besar umat Islam yang diikuti oleh seluruh warga sekolah ini.
 5.   Paskibra
Kegiatan ini merupakan kegiatan baris berbaris yang persiapkan sebagai petugas pengibar bendera pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di lingkungan SMA Negeri 10 Bandar Lampung.
Lebih lanjut Kunjungi sekolah Kami yaa .......