Get social with us!

Fasilitas Laboratorium Komputer

Laboratorium Komputer

LABORATORIUM KOMPUTER SEKOLAH

SMAN 10 Bandar Lampung

 

Pembelajaran Teknologi Imformasi dan Komunikasi(TIK)


Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang dengan pesat. Saatini teknologi telah digunakan pada hampir disetiap kehidupan. Pelaksanaan program suatu lembaga juga tidak dapatdilepaskan dari pemanfaatan teknologi. Pendidikan dituntut untukmenyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Keberadaan komputer di sekolah sudah menjadi suatu kebutuhan,namun yang lebih penting adalah pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

Tujuan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum yaitu agar siswa memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate). Artinya siswa mengenal istilah-istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan Komunikasi dan pada komputer yang umum digunakan. Siswa juga menyadari keunggulan dan keterbatasan komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Disamping itu memahami bagaimana dan dimana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi dan bagaimana cara mengkomunikasikannya. Secara khusus, tujuan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi, Nurohman (2011)adalah:

1.    Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat

2.    Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.

3.    Mengembangkan kompetensi siswa dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.

4.    Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, dan terampil dalam berkomunikasi, mengorganisasi informasi, belajar, dan bekerjasama.

5.    Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah.

Berbanding terbalik dalam kurikulum 2013, mata pelajaran TIK ditiadakan dari struktur kurikulum dengan berbagai alasan seperti yang telah di jelaskan sebelumnya. Maka ini menjadi pro dan kontra terhadap kebutuhan TIK dan tidak sesuai dengan perkembangan teknologi yang semakin maju saat ini.Di dalam dunia pendidikan perlu adanya akses penunjang khususnya dibidang teknolongi informasi yang sangat berguna untuk meningkat pendidikan dinegara kita, dengan teknologi informasi semua sistem pendidikan segalanya bisa menjadi lebih mudah. Oleh karena itu kita menguasai teknologi untuk menunjang pendidikan agar tidak ketinggalan dengan majunya pendidikan di negara lain yang mungkin negara kita bisa dikatakan masih jauh ketinggalan dengan negara lain terutama dalam hal teknologi informasi.

 

2.  Laboratorium komputer sekolah

Laboratorium adalah tempat belajar mengajar melalui metode praktikum yang dapat menghasilkan pengalaman belajar dimana siswa berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan untuk mengobservasi gejala-gejala yang dapat diamati secara langsung dan membuktikan sendiri sesuatu yang dipelajari jadi suatu laboratorium sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam upaya meningkatkan mutu serta system pengajaran.

Kata laboratorium merupakan bentuk serapan dari bahasa Belanda dengan bentuk asalnya laboratorium Jumariam (dalam Ali 2010)dalam kamus umum bahasa indonesia   laboratorium diartikan sebagai tempat mengadakan percobaan (penyelidikan dan sebagainya).

Menurut Soejitno (dalam Daryani, 2012) laboratorium dapat diartikan dalam bermacam- macam segi, yaitu :

a.    Laboratorium dapat merupakan wadah, yaitu tempat, gedung, ruang dengan segala macam peralatan yang diperlukan untuk kegiatan ilmiah. Dalam hal ini laboratorium dilihat sebagai perangkat keras (hard ware).

b.    Laboratorium dapat merupakan sarana media dimana dilakukan kegiatan belajar mengajar. Dalam pengertian ini laboratorium dilihat sebagai perangkat lunaknya (soft ware).

c.    Laboratorium dapat diartikan sebagai pusat kegiatan ilmiah untuk menemukan kebenaran ilmiah dan penerapannya.

d.   Laboratorium dapat diartikan sebagai pusat inovasi. Dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sebuah laboratorium diadakanlah kegiatan ilmiah, eksperimentasi sehingga terdapat penemuan-penemuan baru, cara-cara kerja, dan sebagainya.

e.    Dilihat dari segi “clientele” maka laboratorium merupakan tempat dimana dosen, mahasiswa, guru, siswa, dan orang lain melaksanakan kegiatan kerja ilmiah dalam rangka kegiatan belajar mengajar.

f.     Dilihat dari segi kerjanya laboratorium merupakan tempat dimana dilakukan kegiatan kerja untuk menghasilkan sesuatu. Dalam hal demikian ini dalam bidang teknik laboratorium, di sini dapat diartikan sebagai bengkel kerja (work shop).

g.    Dilihat dari segi hasil yang diperoleh maka laboratorium dengan segala sarana dan prasarana yang dimiliki dapat merupakan dan berfungsi sebagai Pusat Sumber Belajar (PSB).

Menurut Donald H.SadersKomputer merupakan suatu system elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang sudah tersimpan di dalam sebuahmemory.MenurutGordon B. DavisKomputer adalah merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti. Sedangkan Menurut Robert H. BilssmerKomputer adalah merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan serangkaian tugas yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi, Iqbal (2012).

Dari penjelasan di atas maka Laboratorium Komputer merupakan salah satu komponen instrumental inputdalm melaksankan prosses belajar mengajar yang efektif yang urgensinya sangat dominan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan tegnologi pada umumnya yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan mutu lulusan yang optimal.

Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007,  laboratorium komputer berfungsi sebagai tempat mengembangkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi dan  komunikasi.  Setiap laboratorium komputer harus memenuhi berbagai persyaratan atau  standar yang ditetapkan oleh pemerintah.

1.    Ruang laboratorium komputer dapat menampung minimum satu rombongan belajar yang  bekerja dalam kelompok @ 2 orang.Konsekuensi dari persyaratan ini adalah bahwa sekolah harus mengatur jumlah rombongan belajar agar disesuaikan dengan jumlah komputer yang ada di laboratorium. 1 komputer hanya diperbolehkan digunakan maksimum oleh 2 siswa.

2.    Rasio minimum luas ruang laboratorium komputer 2 m2/peserta didik. Laboratorium komputer harus mempunya luas ruang yang cukup untuk menampung seluruh siswa dalam rombongan belajar. 1 siswa minimal harus dapat mempunyai ruang 2 m2.

3.    Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 15 orang, luas minimum ruang laboratorium komputer 30 m2

Luas minimal sebuah laboratorium adalah 30 mjika jumlah siswa dalam satu rombongan belajar kurang dari 15.

4.    Lebar minimum ruang laboratorium komputer Laboratorium komputer harus didesain untuk dapat dijadikan sebagai tempat belajar siswa dengan nyaman. Lebar minimal dari Laboratorium komputer adalah 5 m. Walaupun luasnya mencukupi, laboratorium komputer tidak boleh mempunyai bentuk memanjang seperti gerbong kereta api, melainkan harus proporsional antara panjang dan lebarnya

5.    Ruang laboratorium adalah ruang untuk pembelajaran secara praktek yang memerlukan peralatan khusus berupa seperangkat komputer dan peralatan pendukungnya.Tata letak komputer perlu didesain agar proses pembelajaran dapat berjalan.

2.1 Peralatan Laboratorium Komputer

Selain masalah ruang dan tata letak, Permendiknas No 24 Tahun 2007 juga mengatur  masalah perabot yang harus ada di sebuah laboratorium komputer. Peralatan-peralatan yang harus ada di laboratorium komputer dapat dijelaskan pada tabel sebagai berikut:

Perabot yang harus ada di laboratorium komputer terdiri dari 4 item yaitu: Meja siswa, kursi siswa, meja guru dan kursi guru, Ali (2010). Spesifikasi dan jumlahnya diatur secara jelas pada tabel berikut;

No

Jenis

Rasio

Deskripsi

1

Perabotan

1.1

Kursi perseta didik

1 buah/peserta didik

Kuat, stabil,aman dan mudah dipindahkan oleh perserta didik.

Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman.

Desain dudukan dan sandaran membuat perserta didik nayamn belajar.

1.2

Meja

1 Buah/ 2 perseta didik

Kuat, stabil, dan aman.

Ukuran memadai untuk menampung 1 unit komputer dan perserta didik berkerja berdua

Jika CPU diletakan dibawah meja, makan harus mempunyai dudukan minimum stinggi 15 cm. Kaki perseta didik dapat masuk ke bawah meja dengan nyaman

1.3

Kursi Guru

1 Buah/ Guru

Kuat, stabil, aman, dan mudah di pindahkan.

Ukuran kursi memadai untuk duduk dengan nayaman.

1.4

Meja Guru

1 Buah/ Guru

Kuat, stabil, aman dan mudah dipindahkan.

Ukuran memadai untuk berkerja dengan nyaman.

2)      Peralatan Pendidikan

Peralatan pendidikan yang harus ada di laboratorium secara  lengkap dapat dilihat pada  tabel berikut ini;

2

Peralatan Pendidikan

2.1

Komputer

1 Unit / 2 perseta didik ditambah 1 unit guru

Mendukung pengunaan multimedia.

Ukuran Monitor Minimum 15”.

2.2

Printer

1 unit/lab

2.3

Scanner

1 unit/lab

2.4

Titik Akses internet

1 unit/lab

Berupa saluaran telpon atau nirkabel

2.5

LAN

Sesuai banyak komputer

Dapat berfungsi dengan baik.

2.6

Stabilizer

Sesuai banyak Komputer

Setiap komputer terhubung dengan stabiliser

2.7

Modul Praktek

1 set / Komputer

Terdiri dari sistem operasi, pengola kata, pengola angka, dan pengolah gambar

 

3)      Media Pendidikan

Selain perabot dan peralatan pendidikan, laboratorium komputer juga harus memenuhi  media pendidikan yang secara lengkap dapat dilihat pada tabel berikut ini;

No

Jenis

Rasio

Deskripsi

3

Media pendidikan

3.1

Papan tulis

1 buah /lab

Ukuran minimum 90 cm x 200 cm.

Ditempatakan pada posisi yang memungkinkan seluru peserta didik melihatnya dengan jelas.

4

Perlenkapan lain

4.1

Kotak kontak

Sesuai banyak komputer.

4.2

Tempat sampah

1 Bauah / lab

4.3

Jam diding

1 Buah / lab

image